Mendikbud Nadiem Makarim, Sarankan Agar Daerah 3T Untuk Gelar Kegiatan Belajar Tatap Muka

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

JAKARTA,LN – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menyarankan agar daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terpencil) untuk menggelar kegiatan belajar tatap muka. Hal ini untuk mencegah siswa kehilangan kemampuan dan pengalaman belajar (lost of learning).

“Jadi anjuran dari Kemendikbud adalah untuk daerah daerah 3T, yang sangat sulit untuk bisa melaksanakan PJJ sebaiknya sekolah tatap muka segera bisa dilakukan, karena memang sangat serius risiko lost of learning,” ungkap Nadiem dalam sebuah webinar, Jumat (22/1/2021).

Menurut Nadiem, keputusan membuka sekolah tatap muka atau tidak merupakan kewenangan pemerintah daerah. Kendati nantinya diizinkan, pembelajaran tatap muka tetap harus atas persetujuan kepala sekolah dan komite sekolah.

“Jadi untuk bisa mengakselerasi keputusan ini, biar banyak sekali daerah-daerah yang mungkin susah sekali melaksanakan PJJ, kita memberikan hak kembali kepada pemda. Tapi tentunya dengan persetujuan kepala sekolah dan komite sekolah,” jelasnya.

“Sekarang semua pemda di level kabupaten dan provinsi punya hak untuk membuka tatap muka sekolah, walau zonanya dimana pun. Jadi mereka mengambil diskresi mana area-area yang relatif aman dari sisi Covid-19, tapi juga daerah-daerah yang sangat sulit melaksanakan PJJ,” sambungnya. (Red)

 

EITS... MAU COPAS YA ? TULIS SENDIRI DONK !!!