Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo : Laksanakan Upacara Pelantikan 4 Kapolda Baru, Irjen Pol Panca Putra Jabat Kapolda Sumut

Kapolri Jenderal Listyo Sigit ucapkan selamat ke Kapolda Baru.

JAKARTA,LN – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melaksanakan upacara pelantikan empat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) baru. Upacara pelantikan sekaligus serah terima jabatan (Sertijab) dilaksanakan di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (4/3/2021).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit pimpin sertijab dan pelantikan.

“Hari ini Kapolri memimpin serah terima jabatan beberapa pejabat di lingkungan Polri dan sekaligus juga menerima laporan kenaikan pangkat beberapa perwira tinggi,” terang Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (4/2/2021).

Empat kapolda baru itu di antaranya, Papua, Sulawesi Utara (Sulut), Sumatera Utara (Sumut) dan Lampung. Sertijab tersebut dilakukan sesuai dengan Surat Telegram Rahasia (STR) bernomor ST/318/III/KEP./2021.

Sertijab yang dilakukan di antaranya, Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Panca Putra menyerahkan jabatannya kepada Irjen Pol Nana Sudjana. Selanjutnya Irjen Pol Panca Putra dipercaya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara (Sumut).

Empat Kapolda baru berikan tanda tangan.

Sedangkan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin menjabat sebagai Koorsahli Kapolri. Dan Irjen Pol Hendro Sugiatno yang tadinya menjabat Asrena Kapolri diangkat menjadi Kapolda Lampung.

Untuk Kapolda Papua yang tadinya dijabat Komjen Pol Paulus Waterpauw diangkat menjadi Kabaintelkam Polri. Dan Kapolda Papua diisi Irjen Pol Mathius D Fakhiri.

Irjen Pol Panca Putra resmi menjabat Kapolda Sumut.

Kemudian jabatan Kapolda Lampung dari Irjen Purwadi Iryanto kepada Irjen Hendro. Terakhir Jabatan Kapolda Papua dari Komjen Paulus Waterpauw kepada Irjen Matius Fakiri.

“Dan sekali lagi, Bapak Kapolri menerima kenaikan pangkat beberapa perwira tinggi Polri,” tegas Rusdi.

Suasana pelantikan dan sertijab.

Untuk kenaikan pangkat, lanjutnya, dilakukan untuk 12 anggota Polri. Antara lain kenaikan pangkat dari Irjen menjadi Komjen atau bintang dua menjadi bintang tiga untuk Komjen Paulus Waterpauw. Dan empat perwira tinggi naik pangkat dari Brigjen menjadi Irjen atau bintang satu menjadi bintang dua.

“Kemudian ada tujuh personel Polri yang naik pangkat dari Pamen menjadi Pati. Dari Komisaris Besar Polisi menjadi Brigadir Jenderal Polisi,” tandas Rusdi. (Red)

 

EITS... MAU COPAS YA ? TULIS SENDIRI DONK !!!