Jamal Nasir Pemkab Bogor Kurang Peka Dibidang Kesehatan Teruntuk Masyarakat Kecil

BOGOR,LN – Ketua LSM Mitra Rakyat Bersatu (MRB) Jamal Nasir mengkritisi sebuah kebijakan pemerintahan Kabupaten Bogor yang dianggap kurang peduli terhadap masyarakat kecil yang termarjinalkan hak kesehatannya.
Bogor, Provinsi Jawa Barat, Sabtu Sore, (18/1/2020).

“Mohon apresiasinya atas keluhan warga Kabupaten Bogor bagi masyarakat yang tersandera dengan kebijakan,” kata Jamal.

Sementara setiap pasien memiliki keluhan yang berbeda dan juga memerlukan medical treament yang berbeda sesuai dengan hasil diagnosis.

Selama ini, Lanjut Jamal, ketika kami menangani warga Kabupaten ” terjadi over budgeting, maka pihak keluarga akan tertekan mencari uang tambahan yang nilainya tidak sedikit, bahkan harus menjual harta yang amat berharga seperti rumah satu-satunya yang ditinggali akan tetapi selama ini kami melakukan berbagai pendekatan kepada pihak-pihak terkait untuk mencari solusi,” katanya pada awak Media LoginNews.

Perlu ditegaskan tidak sedikit warga Kabupaten Bogor yang menggunakan fasilitas kesehatan di kota Bogor baik RSUD maupun rumah sakit swasta. Adapun yang menjadi kendala pembatasan budget yang disamakan untuk semua pasien tanpa melihat kondisi dan penyakit yang diderita pasien.

“Maka hal ini menjadi dilematis bagi Rumah Sakit (RS), dimana di suatu sisi RS harus tunduk terhadap UU RI No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit tapi di sisi lain juga peran pemerintah dalam memenuhi hak warga negara di bidang kesehatan diatur dalam UUD 1945, UU RI Tahun 2009 Tentang Kesehatan dan UU RI No.40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) ,” Jelas Jamal.

Jamal Berharap “Pemkab Bogor lebih serius dalam memenuhi hak warga masyarakat di bidang kesehatan dan kebijakan ABPDnya harus pro-rakyat, sehingga sumber daya alam yang melimpah bisa dinikmati oleh masyarakat arus bawah. Pada prinsipnya Pemkab memiliki kemampuan tinggal sejauh mana menjalankan prinsip-prinsip Good Governance dan Celean Government serta azas-azas umum Penyelenggaraan Pemerintah,” harapnya.

(Dery)

 

EITS... MAU COPAS YA ? TULIS SENDIRI DONK !!!