Manfaat Cecenet, Ciplukan, Physalis Bagi Kesehatan


TANGERANG,LN – Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. Banyak orang terlalu sibuk mencari kekayaan tak perduli waktu, sehingga tak sadar akan kesehatan badan jasmani.

Tips Sehat…

Nah, bagi anda yang lahir pada era 70 hingga 80an, pastinya anda tahu yang namanya Cecenet atau Ciplukan, istilah kerennya Physalis. Pohon ini biasa tumbuh di area ladang gembur seperti diantara tanaman kacang-kacangan, ditimbunan pasir, dipinggir petakan sawah, dan dimana aja yang tanahnya gembur.

Pohon ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Ciplukan dapat mengobati berbagai macam penyakit. Beberapa manfaat dari Ciplukan :

*Darah Tinggi
Ciplukan mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya dengan meminum air rebusan daun, buah dan akar selama tiga minggu berturut-turut.

*Penyakit Jantung
Ciplukan dapat mengobati gangguan jantung. Caranya cukup mudah, ambil 40 helai daun ciplukan dan hancurkan dengan blender seperti jus, kemudian minum tanpa campuran apa-apa. Selain dibuat seperti jus, daunnya juga bisa kita makan langsung, tapi pastikan sudah dicuci bersih.

*Asam Urat
Cukup konsumsi buah ciplukan secara rutin ±7 hari, atau minum air rebusan akar hingga pucuk pohon ciplukan.

*Gangguan Asma
Ciplukan sebagai obat asma. Ambil daun dan batang dari buah ciplukan, rebus dan minum air rebusan tersebut. Atau ambil daunnya, kemudian campur dengan kapur sirih lalu dihancurkan dengan menggunakan kedua telapak tangan. Kemudian basahkan dengan air. Setelah itu gumpalkan pada telapak tangan sehingga keluar air berwarna hijau keputih-putihan serta buih. Oleskan pada bagian dada, perut, dan punggung.

*Diabetes
Kencing manis atau diabetes merupakan salah satu penyakit yang bisa disembuhkan oleh ciplukan. Caranya rebus batang dan akar dari buah Ciplukan, kemudian minum tiga kali sehari secara rutin.

*Penyakit Kurap
Untuk mengobati kurap, cukup hancurkan daun dari buah ciplukan dan oleskan pada bagian kulit yang terkena kurap.

*Menurunkan Demam
Buah ciplukan bisa dikonsumsi untuk menurunkan demam atau panas terutama pada anak-anak.

*Mengobati Stroke Ringan
Meminum dan memakan bagian-bagian dari buah ciplukan secara rutin juga dapat membantu mengobati penyakit stroke.

*Menurunkan Kolesterol
Bagian dari buah ciplukan ternyata juga bisa menurunkan kolesterol. Caranya makan daun dari buah ciplukan dua helai tiga kali sehari secara rutin.

*Membersihkan Kencing Kotor
(kencing kotor bisa menyebabkan prostat dan batu ginjal)
Cukup dengan minum air rebusan dari akar sampai pucuk buah ciplukan secara rutin.

*Menyadarkan Orang Pingsan
Ambil akarnya dan bakar. Kemudian abunya dicampur dengan kapur sirih. Setelah itu campurkan dengan sedikit minyak kelapa, dan oleskan pada kepala orang yang sedang pingsan.

*Menghilangkan Sakit Persendian
Caranya cukup mudah, campur daun dengan kapur sirih kemudian tempelkan pada persendian yang sakit.

*Untuk Tambah Darah
Ciplukan juga dapat mengobati kekurangan darah atau anemia. Caranya rebus batang dari buah ciplukan, kemudian minum air rebusannya secara rutin.

*Penawar Racun
Semua bagian dari buah ciplukan ternyata bisa dikonsumsi sebagai penawar racun.

Ciplukan memiliki khasiat yang luar biasa. Tetapi jangan mengkonsumsinya bersamaan dengan kopi, karena dapat menimbulkan keracunan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati.


(Red)

EITS... MAU COPAS YA ? TULIS SENDIRI DONK !!!