Diduga, Sebuah Minimarket di Argapura Menjual Barang Expired

BOGOR,LN – Sebuah minimarket diduga acuh terhadap produk pangan jenis buah-buahan yang telah expired (Kedaluwarsa).

Pasalnya pada hari Minggu, 12 Januari 2020  lalu, buah-buahan yang berlabel packed date 24-09-2019 tersebut masih terlihat dan dijual bebas di minimarket yang berada di Kampung Bolang, Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Selasa, (28/01/2020).

Saat dikonfirmasi kepada pihak minimarket Esa sebagi kepala toko mengatakan, Masih dijual kalau misalkan masih bagus,” katanya saat berbincang dengan awak Media LoginNews ditempat.

“Misalkan sudah dua bulan sudah lamanya dan saat hari datang tanggal berapa gituh baru ditarik lagi, itukan pakingan jadi gak masalah,” kata Esa.

Jika dilihat hal tersebut bertentangan dengan UU No.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen pasal 8  ayat 1 “Pelaku usaha dilarang memproduksi dan/atau memperdagangkan barang dan/atau jasa yang tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa atau jangka waktu penggunaan / pemanfaatan yang paling baik atas barang tertentu; Pasal 62 UU Konsumen.

(1) Pelaku usaha yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah). Pasal 63 UU Konsumen  juga telah jelas, pasal 23 PP No.28 tahun 2004 keamanan, mutu dan gizi pangan.

Reporter : Adek
Editor      : Dery

EITS... MAU COPAS YA ? TULIS SENDIRI DONK !!!